Contoh Soal TPA dan TBI USM PKN STAN 2018

Sudah semestinya bagi siapapun yang dinyatakan bisa maju ke tahap pertama USM PKN STAN yaitu ujian tertulis untuk melakukan persiapan matang jauh-jauh hari tidak secara terburu-buru misalnya dengan latihan soal dengan menggunakan contoh soal TPA dan TBI sebagai materi tes tahap pertama.

Banyak yang memilih melakukan persiapan dengan cara ikut bimbingan belajar namun buat kamu yang tidak memiliki kesempatan untuk mengikuti bimbingan belajar maka rajinlah melakukan latihan soal.

Dalam artikel ini contoh soal TPA dan TBI yang akan dibahas bukanlah dalam bentuk bsoal tahun lalu yang telah diujikan melainkan contoh soal TPA dan TBI yang dibagi ke dalam beberapa bentuk sehingga kamu bisa lebih mudah memahami soal. Berikut ini contoh soal TPA dan TBI.

Tes Potensi Akademik

Materi yang dibahas dalam tes potensi akademik terdiri dari beberapa sub soal, mulai dari persamaan kata, hitungan matematika hingga bangun ruang, berikut contoh soal yang ada di dalam semua soal TPA.

Sinonim atau persamaan kata (5 – 6 soal)

Antonim atau lawan kata (5 – 6 soal)

Analogi atau hubungan makna kata (5 – 6 soal)

Padanan hubungan kata (5 – 6 soal)

Pemahaman bacaan panjang (10 – 15 soal)

Hitungan matematika (40 – 45 soal)

Deret angka atau huruf (10 soal)

Silogisme (10 – 15 soal)

Penalaran analitis (10 – 15 soal)

Bangun ruang (5 – 6 soal)

Tes Bahasa Inggris

Structure dan written expression (20 soal)

Close question atau melengkapi bacaan (10 soal)

Error recognition atau mencari kata yang salah dalam kalimat (10 soal)

Reading comprehension atau soal bacaan (20 soal)

Dengan mengetahui jumlah soal yang nantinya akan diujikan maka hal ini menguntungkan kamu dalam memperhitungkan optimasi pengerjaan soal sehingga tidak ada lagi soal yang tidak sempat dikerjakan dan lolos dari nilai mati.

Yuk bergabung dengan bimbel Adzkia STAN yang sudah dikenal sebagai bimbel terpercaya di Indonesia untuk mengoptimalkan persiapan kamu dalam menghadapai USM PKN STAN.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *