Hal Penting Dalam Tes Kesehatan Dan Kebugaran

Kamu yang sudah dinyatakan lulus tes tahap satu akan menjalani tes tahap dua yaitu tes kesehatan dan kebugaran namun sebagai peserta hendaknya kamu memperhatikan hal penting dalam tes kesehatan dan kebugaran yang akan kamu jalani nanti. Berikut hal-hal penting dalam tes kesehatan dan kebugaran tahap kedua.

Cek dulu dong

Pastikan nama dan nomor BPU kamu ada dalam daftar pengumuman kelulusan tahap pertama. Jangan main yakin aja kalau kamu lulus dan langsung dengan pedenya hadir di tes tahap dua tanpa memastikan namanya ada dalam daftar peserta tes tahap dua. Biasanya nih mereka yang memiliki kepercayaan diri kelewat tinggi yang bsia begini. Nama kamu ada dalam daftar, fix kamu resmi menjadi salah satu peserta ujian tahap kedua.

Waktu dan tempat pelaksanaan tes

Tempat dan waktu pelaksanaan biasanya kondisional tergantung asal daerah kamu ujian. Pelaksanaan tes ini tidak selesai dalam satu hari untuk daerah yang memiliki peserta ujian banyak, namun untuk daerah yang pesertanya sedikit seperti Balikpapan misalnya, maka dalam satu hari selesai. Biasanya penentuan tanggal ujian dipengaruhi oleh nomor BPU yang bisa kamu lihat di barisan nama kamu dalam BPU. jadi perhatikan dengan seksama hari apa dan di mana kamu akan menjalani tes tahap kedua.

Biasanya tes akan dilaksanakan pada pukul 6.30 hingga pukul 10 pagi, tidak ada tes yang dilakukan pada sore hari.

Materi tes yang diujikan

Tes yang akan kamu jalani terdiri dari:

  1. Cek kesehatan oleh dokter
  2. Lari keliling lapangan selama 12 menit dan shuttle run

Nggak ada contekan untuk materi soal dari kami. Saran paling berfaedah adalah rajinlah olahraga, minimal jogging 30 menit setiap hari sebulan sebelum tes dilaksanakan. Oh iya jangan lupa, kondisi badan kamu harus fit ketika tes dilaksanakan karena ketika dokter menyatakan kamu tidak fit maka kamu tidak diperbolehkan untuk melanjutkan tes, otomatis kamu dinyatakan gagal. So, jaga kesehatan ya, main MOBAnya dipending dulu sampai kelar tes.

Kompensasi

Belajar dari pengalaman tahun lalu yaitu ketika pelaksanaan tes tahap kedua bersamaan dengan SBMPTN 2017. Setiap peserta tes tahap kedua yang memiliki jadwal untuk SBMPTN 2017 diperbolehkan untuk mengganti jadwal dengan cara menyampaikan keberhalangannya tersebut dalam batas waktu yang ditentukan oleh panitia pelaksana USM PKN STAN dengan melampirkan bukti otentik berupa kartu sbmptn. Akan ada alamat yang dicantumkan sebagai penyampaian keberhalangan tersebut. Nantinya panitia akan mencarikan tanggal pelaksaan tes pengganti, sedangkan tempat pelaksanaan tes tetap sama seperti yang sudah ditentukan.

Dokumen yang harus dibawa

Ketika hendak hadir ke lokasi pelaksaan tes tahap kedua maka bawalah dokumen berupa:

  1. Bukti Peserta Ujian (BPU) Asli. Jika BPU kamu hilang maka wajib melapor pada panitia daerah untuk meminta duplikasi yang ada. Ada baiknya untuk mempermudah pelaporan, sebaiknya BPU kamu difoto terlebih dahulu sebagai tindak kewaspadaan bila BPU hilang dan untuk mempermudah pelaporan.
  2. Kartu tanda identitas asli yang sesuai dengan BPU. Kartu ini adalah kartu yang digunakan untuk mendaftar di awal.

Kostum

Kostum yang diwajibkan untuk dikenakan oleh peserta adalah pakaian olahraga (bukan jeans atau celana formal lainnya dan kemeja atau sejenisnya) dan sepatu olahraga, bukan pantofel maupun stiletto.

Biaya

Tidak ada pemungutan biaya untuk mengikuti tes ini. Mengenai akomodasi dan transportasi sepenuhnya ditanggung oleh peserta.

Makanan dan minuman

Kamu tidak akan melihat ada air mineral dan roti saat tes berlangsung sebab panitian memang tidak menyediakan hal itu untuk peserta. Jadi, bawa sendiri ya.

Itu saja hal penting dalam tes kebugaran dan kesehatan USM PKN STAN yang harus kamu perhatikan dengan seksama.

Tinggalkan Balasan