Jurusan di STAN Yang Menguntungkan

Ada banyak jurusan di STAN yang bisa kamu pilih, mulai dari Diploma 3 hingga Diploma 1. Sejumlah jurusan ini memiliki spesialisasi ilmu masing-masing yang berfungsi di bidangnya masing-masing pula. Jurusan-jurusan di STAN terbagi atas jurusan reguler dan non-reguler. Untuk mahasiswa baru, hanya bisa memilih jurusan reguler saja.

Untuk program studi reguler berikut daftar jurusan di STAN yang bisa kamu pilih:

Diploma 3 Keuangan Spesialisasi Manajemen Aset / Pengurusan Piutang dan Lelang Negara

Untuk urusan penyewaan aset oleh pihak asing atau swasta maka jurusan ini yang akan mengambil alih. Usaha-usaha negara hingga lelang proyek negara juga dipelajari pengaturannya di jurusan spesialisasi manajemen aset/pengurusan piutan dan lelang. Untuk lebih mudah dimengerti, jurusan ini mencakup pengelolaan, penagihan, serta upaya optimasi penggunaannya.

Diploma 3 Keuangan Spesialisasi Penilai/Pajak Bumi Bangunan

Jurusan spesialisasi penilai-/pajak bumi dan bangunan berbeda dengan jurusan spesialisasi pajak. Untuk jurusan ini lebih khusus mengurusi pengaturan perpajakan lahan dan bangunan yang berdiri di atas tanah negara. Mulai dari Izin Mendirikan Bangunan hingga pajak dan iuran kepemilikan bumi dan bangunan menjadi konsentrasi jurusan ini. Prosedur pembayaran dan penyerahan aset negara, tata kota serta undang-undang agraria menjadi materi pembahasan dalam kuliah jurusan spesialisasi penilai-/pajak bumi dan bangunan.

Diploma 3 Keuangan Spesialisasi Akuntansi

Jurusan nomor 2 yang memiliki peminat terbanyak ini mengkhususkan diri dalam mempelajari akuntansi manajerial, konseptual dan praktikal. Para lulusan ditargetkan mampu memproses laporan keuangan yang akurat nantinya karena laporan tersebut bertanggung jawab sebagai dasar acuan dalam melaksanakan kebijakan instansi-instansi pemerintah.

Perbedaan antara jurusan spesialisasi akuntansi dan kebendaharaan adalah jurusan kebendaharaan bersifat umum, sementara akuntansi mengawasi semua aktivitas termasuk nominal uang yang digunakan dalam transaksi.

Diploma 1/3 Keuangan Spesialisasi Pajak

Bisa dikatakan jurusan Spesialisasi Pajak merupakan jurusan favorit dan paling banyak diminati para calon mahasiswa baru, tentu saja karena kuota penerimaannya paling banyak dibandingkan jurusan lainnya.

Para mahasiswa nantinya akan mempelajari materi mengenai penyusunan laporan perpajakan, mulai dari pajak lahan dan bangunan serta mempelajari aktivitas tata usaha sekaligus administrasi pemungutan pajak dan kaitannya dengan pemasukan dan pengeluaran negara. Jurusan ini berbeda dengan jurusan spesialisasi penilai/pajak bumi bangunan.karena jurusan ini hanya mempelajari mengenai pajak penghasilan, pajak penjualanan barang mewah, dan pajak pertambahan nilai.

Diploma 1/3 Keuangan Spesialisasi Kebendaharan Negara

Jurusan ini mengarahkan peminatnya untuk menjadi bendahara negara yang kompeten. Spesialisasi mereka adalah inventarisasi aset negara, penyusunan APBN, akuntansi pemerintahan, hukum tata kelola keuangan negara, dan manajemen penyelenggaraan keuangan negara.

Diploma 1/3 Keuangan Spesialisasi Kepabeanan dan Cukai

Satu-satunya jurusan yang tidak menerima perempuan. Hal ini dikarenakan lapangan pekerjaan untuk program studi ini berada di bandara maupun pelabuhan yang tentunya akan menyulitkan perempuan terutama yang sudah berkeluarga. Namun untuk diploma 1, jurusan ini tetap menerima perempuan, jadi hanya diploma 3 saja yang hanya menerima pria untuk menjadi mahasiswa mereka.

Kuliah di jurusan ini harus menyiapkan mental dan ketahanan fisik karena jurusan Kepabeanan dan Cukai dilaksanakan secara semi militer. Karena ketegasan terhadap barang-barang yang masuk ke dalam indonesia melalui pintu-pintu yang mereka jaga membutuhkan ketegasan. Pengaturan impor-ekspor merupakan spesialisasi jurusan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *