Materi TKD STAN Menguji Kewarganegaraanmu

Tes Kompetensi Dasar (TKD) merupakan tes tahap akhir dari serangkaian tes dalam ujian saringan masuk PKN-STAN dan menjadi penentuan apakah calon mahasiswa baru dinyatakan lulus dan bisa berkuliah di kampus STAN. namun, walau tes terakhir nggak sepantasnya siapapun meremehkan tes terakhir ini karena di tes inilah kewarganegaraan kamu diuji, apakah kamu memahami kepemerintahan negara sendiri karena materi TKD STAN berisi tentang seluk beluk dasar-dasar negara Indonesia.

Tes Kompetensi Dasar (TKD) merupakan tes tahap akhir dari serangkaian tes dalam ujian saringan masuk PKN-STAN dan menjadi penentuan apakah calon mahasiswa baru dinyatakan lulus dan bisa berkuliah di kampus STAN. namun, walau tes terakhir nggak sepantasnya siapapun meremehkan tes terakhir ini karena di tes inilah kewarganegaraan kamu diuji, apakah kamu memahami kepemerintahan negara sendiri karena materi TKD STAN berisi tentang seluk beluk dasar-dasar negara Indonesia. Maka dari itu, kamu harus mengerti terlebih materi TKD STAN yang nantinya diujikan.

Hal-hal yang masuk menjadi materi TKD STAN

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Dalam materi pertama ini ada empat pilar kebangsaan Indonesia yang akan diujikan meliputi PANCASILA, Undang-Undang Dasar 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan yang terakhir adalah Negara Kesatuan Republik Indonesia (seputar sejarah, pemerintahan, tatanan pemerintahan).

Tes Intelegensi Umum (TIU)

Ketika kamu melihat TIU pertama kali kamu akan langsung berpikir bahwa TIU sangat mirip dengan materi yang ada dalam TPA, ya benar sekali karena memang TIU memiliki kemiripan soal dengan TPA. Tapi kamu tetap harus tahu materi yang akan dibahas di dalam TIU dan jangan langsung anggap remeh karena kamu sudah lulus TPA. Berikut ini materi yang akan diujikan dalam TIU nanti.

  1. Kemampuan verbal:
  2. Kemampuan numerik
  3. Kemampuan berpikir logis
  4. Kemampuan berpikir analitis

Materinya sama banget kan dengan materi dalam TPA, jadi kamu bisa mengulang-ulang materi TPA sebagai latihan kamu menghadapi TIU, salah satu materi TKD STAN yang menjadi penentuan akhir kamu lulus atau tidak ke PKN-STAN.

Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Pada dasarnya kualitas dirimu di sini akan diuji. Bagaimana kamu akan merespon dan bersikap terhadap sebuah kasus yang diajukan padamu. Bisa dibilang di tes paling akhir ini akan dinilai secara objektif. Walaupun begitu berikut ini hal-hal yang akan dijadikan penilaian panitia USM dalam materi TKD STAN paling akhir ini.

  1. Integritas diri.
  2. Orientasi pada pelayanan.
  3. Orientasi kepada orang lain.
  4. Kemampuan beradaptasi.
  5. Kemampuan mengendalikan diri.
  6. Kreativitas dan inovasi.
  7. Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas.
  8. Kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan.
  9. Kemampuan bekerja sama dalam kelompok.
  10. Kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain.
  11. Semangat berprestasi.

Gimana? Kamu udah paham dengan materi TKD STAN yang bakal kamu hadapi nanti? Kalau masih pusing, gabung yuk bareng Adzkia STAN agar kamu dibimbing dalam belajar menghadapi USM STAN, apalagi Adzkia STAN sudah menjadi bimbel terpercaya di Indonesia karena memiliki pengajar yang berpengalaman yang sudah meluluskan ribuan siswa dalam USM STAN.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *