Tahapan Seleksi Masuk PKN-STAN

PKN-STAN sama seperti perguruan tinggi lainnya yang menerapkan seleksi masuk untuk para calon mahasiswanya, seleksi ini disebut dengan Ujian Saringan Masuk (USM) PKN-STAN, tahapan seleksi Masuk PKN-STAN juga tidak bisa diremehkan karena memiliki tingkat kesulitan berbeda dengan USM lainnya.

Setiap tahun seleksi ini diadakan beberapa saat setelah pengumuman kelulusan para siswa SMA. Bagi kamu yang berminat untuk masuk PKN-STAN maka kamu harus mengetahui tes apa saja yang dijadikan sebagai tahapan seleksi masuk PKN-STAN. Untuk PKN-STAN, USM meliputi tiga tahap. Lanjut terus yuk baca ke bawah.

Tahapan seleksi masuk PKN-STAN

Tes Tertulis Meliputi TPA dan TBI

Setelah dokumen para calon mahasiswa dinyatakan lulus, maka mereka akan mengikuti tes pertama dari seluruh rangkaian proses seleksi. Yang pertama yaitu tes tertulis yang meliputi Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Bahasa Inggris (TBI) atau dikenal sebakai tes tahap pertama. TPA biasanya digunakan dalam seleksi penyaringan calon pegawai, pegawai yang ingin kenaikan pangkat, ataupun saat perekrutan karyawan.

Namun karena setiap lulusan PKN-STAN diharapkan menjadi lulusan siap bekerja dan mengabdi maka tes yang dahulunya diselenggarakan ketika para mahasiswa akan mengabdi pada masyarakat, mulai 2016 tes tertulis diselenggarakan di awal. Dan menurut beberapa mahasiswa PKN-STAN tes awal ini merupakan tes yang tidak terlalu sulit namun tricky.

Pengerjaan TPA hanya diberi waktu 100 menit jadi walau tidak begitu sulit kamu harus mampu memanfaatkan waktu agar semua soal terjawab.

Untuk TBI, tes ini akan menguji kemampuan grammar dan vocabulary. Hati-hati di tes ini, karena banyak siswa yang mendapat “nilai mati” karena kekurangan nilai di TBI. Hayuk belajar yang giat ya!

Tes Kesehatan dan Kebugaran

Sepengalaman admin, di tes kesehatan dan kebugaran ini setiap calon Maba akan diuji ketahanan fisiknya melalui jogging dan shuttle run (lari yang membentuk angka 8). Untuk yang pertama, lari antara peserta laki-laki dan perempuan penilaiannya berbeda. Kunci lulus dari tes tahap kedua ini adalah ketahanan fisik yang bisa dilatih melalui jogging minimal 30 menit setiap hari.

Tes Kemampuan Dasar (TKD)

Dikenal juga sebagai tes tahap ketiga, tes kemampuan dasar yang dibagi menjadi tiga bentuk yaitu tes wawasan kebangsaan (TKW), tes intelegensi umum (TIU), dan tes karakteristik pribadi (TKP).

Untuk tes wawasan kebangsaan kamu akan diuji mengenai materi yang berhubungan dengan empat pilar kebangsaan Indonesia, yaitu UUD 1945, Pancasila, bhinneka tunggal Ika dan NKRI.

Sedangkan tes intelegensi umum hampir mirip dengan TPA. Mulai dari kemampuan verbal, numerik, logika dan analisis. Sementara tes yang terakhir yaitu tes karakteristik pribadi soal yang diujikan adalah materi pengenalan karakter, kepribadian, dan tingkat emosional calon siswa.

Masih ada banyak tips lainnya yang bisa kamu dapatkan seputar USM PKN-STAN, so baca artikel kami lainnya ya di www.adzkiastan.com

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *