Tips Masuk PKN-STAN 2020 Terbaru! Jangan Lupa Dicatat Ya

Tips Masuk PKN-STAN 2020 Terbaru! Jangan Lupa Dicatat Ya

Tips masuk PKN-STAN 2020 – Banyak orang berlomba-lomba untuk lulus masuk ke STAN atau PKN-STAN bahkan banyak yang sampai rela mencari-cari di internet mengenai tips masuk PKN-STAN. Tentu saja hal ini dikarenakan oleh prospek ke depannya yang terbilang cerah dari mulai prospek kerja, gaji yang jelas dan tunjangan yang sudah jelas ada. PKN-STAN termasuk ke dalam jajaran perguruan tinggi ikatan dinas yang menjadi favorit.

 

Namun tidak mudah memang masuk ke perguruan tinggi ikatan dinas favorit ini, Ujian Seleksi Masuk (USM) ke kampus ini juga nggak bisa dibilang ringan. Buat kamu yang sedang mencari tips masuk PKN-STAN 2020, maka cocok banget kamu berada di artikel ini. Cusss deh lanjut baca aja ke bawah yuk.

Kamu harus mempersiapkan mental, ini adalah tips masuk PKN-STAN 2020 yang paling utama

Kamu harus mempersiapkan mental namun mempersiapkan fisik merupakan hal utama yang harus dipersiapkan jauh-jauh hari karena ada tiga tahap pengujian yang harus dilalui para calon mahasiswa. Dan ketiganya bukan tes yang mudah.

 

Pilih jurusan yang sesuai yang akan kamu ambil

Jangan yang penting asal masuk PKN-STAN saja ya, kamu juga harus memilih jurusan layaknya UMB masuk perguruan tinggi. Maka dari itu kamu harus mengetahui jurusan apa saja yang tersedia di PKN-STAN. Ketahuilah, jurusan favorit biasanya memiliki saingan yang lebih banyak dan lebih ketat masuknya.

By the way, jurusan perpajakan adalah jurusan favorit para calon MABA lho. Selain itu, jurusan ini memiliki kuota terbesar dibanding jurusan lainnya. Minat ambil perpajakan? Coba pikir dulu deh. Kalau kami selalu menyarankan kamu untuk memilih yang terbaik saja.

 

Pilih D1 atau D3 ya?

Pemilihan antara D1 dan D3 adalah hal penting yang perlu kamu pertimbangkan selanjutnya setelah memilih jurusan yang sesuai. Tentukan program D1 atau D3 yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kamu. namun tips dari kami, cobalah buat D3 pada pilihan pertama kemudian jadikan D1 sebagai pilihan selanjutnya. Walaupun begitu, kamu jangan berpaku pada pilihan pertama, jadikan kedua pilihan ini sebagai perhatian utama kamu.

 

Melakukan persiapan matang juga masuk ke dalam tips masuk PKN-STAN 2020

Semua yang dicita-citakan itu harus dilakukan dengan dua cara yaitu berusaha dan berdoa. Berusaha dengan cara belajar yang tekun, ikut bimbel terpercaya yaitu bimbel Adzkia STAN yang sudah diakui sebagai bimbel terbaik di Indonesia. Menjaga kondisi fisik dan terus memotivasi diri bahwa kamu bisa melewati semua ujian seleksi itu.

Kemudian jangan lupa untuk berdoa. Segala usaha yang kamu lakukan akan menjadi percuma bila tidak disertakan dengan berdoa pada yang maha kuasa agar diberikan kesempatan untuk bisa lulus USM PKN-STAN 2020 nanti.

Tes TPA dan TBI di USM PKN-STAN

Salah satu tahap yang harus dilewati oleh para calon mahasiswa baru PKN-STAN yang pertama adalah tes tahap pertama yang berisi materi Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Bahasa Inggris (TBI). Kedua materi ini dujikan di awal kemudian bagi para calon mahasiswa yang lulus tahap pertama diperbolehkan untuk melanjutkan ke tes tahap kedua.

Kita ulas yuk satu-satu, lanjutaja deh baca ke bawah.

Tes Potensi Akademik (TPA)

Berdasarkan pengalaman banyak mahasiswa yang telah lulus dan sudah berkuliah di PKN-STAN, soal-soal dalam TPA nggak terlalu sulit, tapi juga nggak bisa dianggap enteng, hal yang paling bikin dag dig dug adalah waktu yang diberikan untuk mengerjakan soal kadang terlewat begitu saja tanpa disadari. TPA itu memang tricky dan harus pinter-pinter menggunakan waktu yang disediakan.

90 menit adalah waktu yang diberikan untuk menjawab 120 soal dalam TPA yang terdiri dari materi Tes verbal, tes angka, tes logika dan tes gambar.

Tes Verbal: tes yang berfungsi untuk mengukur kemampuan bahasa. Tes ini berisi materi sinonim, antonim, padanan hubungan kata dan pengelompokan kata.

Tes Angka: aritmatika, seri angka, seri huruf, logika angka, dan angka dalam cerita. Tes ini bertujuan untuk mengukur kemampuan di bidang angka.

Tes Logika: Kemampuan kamu dalam memecahkan persoalan secara logis dan masuk akan ada di tes logika. Materi yang diujikan berupa logika umum, analisa pernyataan dan kesimpulan, logika cerita dan logika diagram.

Tes Gambar: walau Cuma gambar-gambar garis, persegi, bulat dan segituga namun tes ini akan mengukur kemampuan daya logika ruang seseorang. Materi yang diujikan berupa padanan hubungan gambar, seri gambar, pengelompokan gambar, dan identifikasi gambar.

90 menit untuk mengerjakan 120 soal artinya setiap soal harus selesai kamu kerjakan dalam waktu kurang dari satu menit. Hmm… untuk itu kamu harus sering-sering berlatih mengerjakan contoh-contoh soal USM ya.

Tes Bahasa Inggris (TBI)

Soal-soal yang diujikan dalam TBI hampir mirip dengan tes TOEFL namun nggak sepenuhnya juga mirip sih. TBI nanti berisikan materi structure (materi tenses dan grammar), error recognition (mencari kesalahan penggunaan kata), cloze question, dan reading yang semua soalnya berjumlah 60 soal dan harus selesai dikerjakan selama 60 menit. Lumayan, waktu pengerjaannya lebih banyak daripada TPA karena satu soal dikerjakan maksimal selama satu menit.

Gimana? Udah jelas belom? Kalau masih belum ngerti, yuk gabung dengan bimbel Adzkia STAN, karena kamu akan bertemu dengan para pengajar berpengalaman lulusan dan mahasiswa dari PKN-STAN yang dengan senang hati berbagi pengalaman mereka lulus masuk ke STAN.

Tes TBI STAN Cuma 60 Menit

Tes TBI STAN bikin banyak calon Mahasiswa Baru gagal paham, kok masuk PKN-STAN sama seperti tes saringan pegawai pemerintah segala? Ya iyalah karena semua lulusan PKN-STAN sudah terjamin penempatan kerjanya oleh pemerintah alias semua lulusannya otomatis telah menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Tes TBI STAN merupakan salah satu tes yang diujikan pada calon mahasiswa baru di tahap pertama bersamaa dengan Tes Potensi Akademik (TPA). Berbeda dengan dengan TPA yang memiliki 120 soal namun harus selesai dikerjakan selama batas waktu maksimal 90 menit, tes TBI STAN memiliki 60 soal dan harus selesai dikerjakan selama 60 menit, artinya satu soal hanya memiliki satu menit pengerjaan.

Materi tes TBI STAN terdiri dari tiga bagian besar yaitu Structure and Written Expression, Error Recognition, dan Reading Comprehension. Berikut pembahasannya di bawah, lanjut baca yuk.

Structure and Written Expression

Di bagian ini kamu harus memahami tenses, grammar, comparison, yah mirip-miriplah dengan soal ujian TOEFL namun nggak semuanya mirip ya karena di tes TOEFL banyak menyajikan soal mix tenses namun di tes TBI STAN hanya satu tenses kok. Walau terbilang tidak sulit bukan berarti kamu bisa meremehkan structure and written expression sih, karena kalau kamu udah keasikan untuk mengerjakan di bagian ini maka kamu bisa terjebak dan kekurangan waktu mengerjakan soal lainnya.

Cara latihan tes TBI STAN juga bisa kamu dapatkan dengan cara mengerjakan soal-soal USM dari tahun ke tahun.

Error Recognition

Error recognition hanya memiliki 10 soal namun hati-hati, walau sedikit kamu bisa dibikin bingung karena satu soal berisi kalimat lengkap dan kamu harus bisa mendeteksi kesalahannya di mana. Dan parahnya kesalahan yang dimiliki sebuah soal sangat sulit dideteksi jadi kamu benar-benar harus belajar structure bener-bener deh.

 

Reading Comprehension

Materi satu ini juga ada di UN, ntar akan ada 4 kalimat yang berupa cerita kemudian sisa soal akan berisi pertanyaan yang diambil menggunakan 4 kalimat tersebut. Kuncinya adalah baca baik-baik soal cerita tersebut kemudian pahami. Barulah jawab soal setelahnya. Jangan sampai malas membaca kalimat ceritanya ya karena kebanyakan para peserta ujian akan langsung menjawab soalnya dan tidak memperhatikan kalimat cerita yang diberikan, main asal jawab karena mencari kata-kata yang mirip saja. Cara ini tuh salah, pokoknya jangan malas membaca deh.

Masih bingung? Kenapa nggak ikutan bimbel aja di bimbel terpercaya di Indonesia yaitu Adzkia STAN yang memiliki pengajar berpengalaman dan sudah meluluskan ribuan siswa ke PKN-STAN.

Tahapan Seleksi Masuk PKN-STAN

PKN-STAN sama seperti perguruan tinggi lainnya yang menerapkan seleksi masuk untuk para calon mahasiswanya, seleksi ini disebut dengan Ujian Saringan Masuk (USM) PKN-STAN, tahapan seleksi Masuk PKN-STAN juga tidak bisa diremehkan karena memiliki tingkat kesulitan berbeda dengan USM lainnya.

Setiap tahun seleksi ini diadakan beberapa saat setelah pengumuman kelulusan para siswa SMA. Bagi kamu yang berminat untuk masuk PKN-STAN maka kamu harus mengetahui tes apa saja yang dijadikan sebagai tahapan seleksi masuk PKN-STAN. Untuk PKN-STAN, USM meliputi tiga tahap. Lanjut terus yuk baca ke bawah.

Tahapan seleksi masuk PKN-STAN

Tes Tertulis Meliputi TPA dan TBI

Setelah dokumen para calon mahasiswa dinyatakan lulus, maka mereka akan mengikuti tes pertama dari seluruh rangkaian proses seleksi. Yang pertama yaitu tes tertulis yang meliputi Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Bahasa Inggris (TBI) atau dikenal sebakai tes tahap pertama. TPA biasanya digunakan dalam seleksi penyaringan calon pegawai, pegawai yang ingin kenaikan pangkat, ataupun saat perekrutan karyawan.

Namun karena setiap lulusan PKN-STAN diharapkan menjadi lulusan siap bekerja dan mengabdi maka tes yang dahulunya diselenggarakan ketika para mahasiswa akan mengabdi pada masyarakat, mulai 2016 tes tertulis diselenggarakan di awal. Dan menurut beberapa mahasiswa PKN-STAN tes awal ini merupakan tes yang tidak terlalu sulit namun tricky.

Pengerjaan TPA hanya diberi waktu 100 menit jadi walau tidak begitu sulit kamu harus mampu memanfaatkan waktu agar semua soal terjawab.

Untuk TBI, tes ini akan menguji kemampuan grammar dan vocabulary. Hati-hati di tes ini, karena banyak siswa yang mendapat “nilai mati” karena kekurangan nilai di TBI. Hayuk belajar yang giat ya!

Tes Kesehatan dan Kebugaran

Sepengalaman admin, di tes kesehatan dan kebugaran ini setiap calon Maba akan diuji ketahanan fisiknya melalui jogging dan shuttle run (lari yang membentuk angka 8). Untuk yang pertama, lari antara peserta laki-laki dan perempuan penilaiannya berbeda. Kunci lulus dari tes tahap kedua ini adalah ketahanan fisik yang bisa dilatih melalui jogging minimal 30 menit setiap hari.

Tes Kemampuan Dasar (TKD)

Dikenal juga sebagai tes tahap ketiga, tes kemampuan dasar yang dibagi menjadi tiga bentuk yaitu tes wawasan kebangsaan (TKW), tes intelegensi umum (TIU), dan tes karakteristik pribadi (TKP).

Untuk tes wawasan kebangsaan kamu akan diuji mengenai materi yang berhubungan dengan empat pilar kebangsaan Indonesia, yaitu UUD 1945, Pancasila, bhinneka tunggal Ika dan NKRI.

Sedangkan tes intelegensi umum hampir mirip dengan TPA. Mulai dari kemampuan verbal, numerik, logika dan analisis. Sementara tes yang terakhir yaitu tes karakteristik pribadi soal yang diujikan adalah materi pengenalan karakter, kepribadian, dan tingkat emosional calon siswa.

Masih ada banyak tips lainnya yang bisa kamu dapatkan seputar USM PKN-STAN, so baca artikel kami lainnya ya di www.adzkiastan.com

Persyaratan Mendaftar USM PKN STAN 2018

Buat kamu yang sangat tertarik untuk mendaftar USM di perguruan tinggi kedinasan PKN STAN maka ada beberapa hal yang harus kamu penuhi di persyaratan mendaftar USM PKN STAN sehingga tidak ada kesalahan ketika niat hati sudah mantap untuk mengikuti ujian saringan masuknya.

Coba cek persyaratan mendaftar USM PKN STAN di bawah ini apakah kamu memenuhi persyaratan atau tidak.

  1. Kamu berusia di bawah 20 tahun dan sudah lulus dari Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat.
  2. Untuk lulusan 2017 dan tahun sebelumnya harus memiliki nilai rata-rata ujian tulis di ijazah tidak boleh kurang dari 70 dari skala 100.
  3. Bagi calon lulusan 2018 harus memiliki nilai rapor dengan rata-rata tidak kurang dari 70 dari skala 100 atau tidak kurang dari nilai 2,80 dari skala 4,00 selama 5 semester dari kelas X hingga kelas XII semester gasal. Nilai yang harus kamu miliki untuk mendaftar bukan hasil dari pembulatan.
  4. Bertubuh sehat dan bebas dari Narkotika, Psikotropika dan Zat adiktif lainnya (Napza).
  5. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan bila dinyatakan lulus.
  6. Biaya yang harus dibayar sebagai biaya pendaftaran sebesar Rp 250.000 dan biaya transaksi yang dikeluarkan ditanggung oleh peserta.
  7. Syarat tambahan khusus peminat yang ingin mendaftarkan diri untuk jurusan Program Studi Kepabeanan dan Cukai adalah sebagai berikut:
  8. Tidak memiliki cacat tubuh
  9. Tidak buta warna
  10. Apabila memiliki minus dan mengenakan kaca mata maka toleransi yang diberikan maksimal hanya sampai ukuran 2 dioptri.
  11. Diploma I: Berjenis kelamin laki-laki/perempuan. Memiliki tinggi badan minimal perempuan: 155 cm dan laki-laki: 165 cm.
  12. Diploma III: Berjenis kelamin laki-laki. Memiliki tinggi badan 165 cm.

Bagaimana? Apakah persyaratan di atas telah kamu miliki? Jika kamu sudah memenuhi persyaratan mendaftar USM PKN STAN maka hal selanjutnya adalah kamu harus banyak belajar. Semua yang dicita-citakan itu harus dilakukan dengan dua cara yaitu berusaha dan berdoa. Berusaha dengan cara belajar yang tekun, ikut bimbel terpercaya yaitu bimbel Adzkia STAN yang sudah diakui sebagai bimbel terbaik di Indonesia. Menjaga kondisi fisik dan terus memotivasi diri bahwa kamu bisa melewati semua ujian seleksi itu.

Kemudian jangan lupa untuk berdoa. Segala usaha yang kamu lakukan akan menjadi percuma bila tidak disertakan dengan berdoa pada yang maha kuasa agar diberikan kesempatan untuk bisa lulus USM PKN-STAN 2018 nanti.

Materi TKD STAN Menguji Kewarganegaraanmu

Tes Kompetensi Dasar (TKD) merupakan tes tahap akhir dari serangkaian tes dalam ujian saringan masuk PKN-STAN dan menjadi penentuan apakah calon mahasiswa baru dinyatakan lulus dan bisa berkuliah di kampus STAN. namun, walau tes terakhir nggak sepantasnya siapapun meremehkan tes terakhir ini karena di tes inilah kewarganegaraan kamu diuji, apakah kamu memahami kepemerintahan negara sendiri karena materi TKD STAN berisi tentang seluk beluk dasar-dasar negara Indonesia.

Tes Kompetensi Dasar (TKD) merupakan tes tahap akhir dari serangkaian tes dalam ujian saringan masuk PKN-STAN dan menjadi penentuan apakah calon mahasiswa baru dinyatakan lulus dan bisa berkuliah di kampus STAN. namun, walau tes terakhir nggak sepantasnya siapapun meremehkan tes terakhir ini karena di tes inilah kewarganegaraan kamu diuji, apakah kamu memahami kepemerintahan negara sendiri karena materi TKD STAN berisi tentang seluk beluk dasar-dasar negara Indonesia. Maka dari itu, kamu harus mengerti terlebih materi TKD STAN yang nantinya diujikan.

Hal-hal yang masuk menjadi materi TKD STAN

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Dalam materi pertama ini ada empat pilar kebangsaan Indonesia yang akan diujikan meliputi PANCASILA, Undang-Undang Dasar 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan yang terakhir adalah Negara Kesatuan Republik Indonesia (seputar sejarah, pemerintahan, tatanan pemerintahan).

Tes Intelegensi Umum (TIU)

Ketika kamu melihat TIU pertama kali kamu akan langsung berpikir bahwa TIU sangat mirip dengan materi yang ada dalam TPA, ya benar sekali karena memang TIU memiliki kemiripan soal dengan TPA. Tapi kamu tetap harus tahu materi yang akan dibahas di dalam TIU dan jangan langsung anggap remeh karena kamu sudah lulus TPA. Berikut ini materi yang akan diujikan dalam TIU nanti.

  1. Kemampuan verbal:
  2. Kemampuan numerik
  3. Kemampuan berpikir logis
  4. Kemampuan berpikir analitis

Materinya sama banget kan dengan materi dalam TPA, jadi kamu bisa mengulang-ulang materi TPA sebagai latihan kamu menghadapi TIU, salah satu materi TKD STAN yang menjadi penentuan akhir kamu lulus atau tidak ke PKN-STAN.

Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Pada dasarnya kualitas dirimu di sini akan diuji. Bagaimana kamu akan merespon dan bersikap terhadap sebuah kasus yang diajukan padamu. Bisa dibilang di tes paling akhir ini akan dinilai secara objektif. Walaupun begitu berikut ini hal-hal yang akan dijadikan penilaian panitia USM dalam materi TKD STAN paling akhir ini.

  1. Integritas diri.
  2. Orientasi pada pelayanan.
  3. Orientasi kepada orang lain.
  4. Kemampuan beradaptasi.
  5. Kemampuan mengendalikan diri.
  6. Kreativitas dan inovasi.
  7. Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas.
  8. Kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan.
  9. Kemampuan bekerja sama dalam kelompok.
  10. Kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain.
  11. Semangat berprestasi.

Gimana? Kamu udah paham dengan materi TKD STAN yang bakal kamu hadapi nanti? Kalau masih pusing, gabung yuk bareng Adzkia STAN agar kamu dibimbing dalam belajar menghadapi USM STAN, apalagi Adzkia STAN sudah menjadi bimbel terpercaya di Indonesia karena memiliki pengajar yang berpengalaman yang sudah meluluskan ribuan siswa dalam USM STAN.

Jurusan di STAN Yang Menguntungkan

Ada banyak jurusan di STAN yang bisa kamu pilih, mulai dari Diploma 3 hingga Diploma 1. Sejumlah jurusan ini memiliki spesialisasi ilmu masing-masing yang berfungsi di bidangnya masing-masing pula. Jurusan-jurusan di STAN terbagi atas jurusan reguler dan non-reguler. Untuk mahasiswa baru, hanya bisa memilih jurusan reguler saja.

Untuk program studi reguler berikut daftar jurusan di STAN yang bisa kamu pilih:

Diploma 3 Keuangan Spesialisasi Manajemen Aset / Pengurusan Piutang dan Lelang Negara

Untuk urusan penyewaan aset oleh pihak asing atau swasta maka jurusan ini yang akan mengambil alih. Usaha-usaha negara hingga lelang proyek negara juga dipelajari pengaturannya di jurusan spesialisasi manajemen aset/pengurusan piutan dan lelang. Untuk lebih mudah dimengerti, jurusan ini mencakup pengelolaan, penagihan, serta upaya optimasi penggunaannya.

Diploma 3 Keuangan Spesialisasi Penilai/Pajak Bumi Bangunan

Jurusan spesialisasi penilai-/pajak bumi dan bangunan berbeda dengan jurusan spesialisasi pajak. Untuk jurusan ini lebih khusus mengurusi pengaturan perpajakan lahan dan bangunan yang berdiri di atas tanah negara. Mulai dari Izin Mendirikan Bangunan hingga pajak dan iuran kepemilikan bumi dan bangunan menjadi konsentrasi jurusan ini. Prosedur pembayaran dan penyerahan aset negara, tata kota serta undang-undang agraria menjadi materi pembahasan dalam kuliah jurusan spesialisasi penilai-/pajak bumi dan bangunan.

Diploma 3 Keuangan Spesialisasi Akuntansi

Jurusan nomor 2 yang memiliki peminat terbanyak ini mengkhususkan diri dalam mempelajari akuntansi manajerial, konseptual dan praktikal. Para lulusan ditargetkan mampu memproses laporan keuangan yang akurat nantinya karena laporan tersebut bertanggung jawab sebagai dasar acuan dalam melaksanakan kebijakan instansi-instansi pemerintah.

Perbedaan antara jurusan spesialisasi akuntansi dan kebendaharaan adalah jurusan kebendaharaan bersifat umum, sementara akuntansi mengawasi semua aktivitas termasuk nominal uang yang digunakan dalam transaksi.

Diploma 1/3 Keuangan Spesialisasi Pajak

Bisa dikatakan jurusan Spesialisasi Pajak merupakan jurusan favorit dan paling banyak diminati para calon mahasiswa baru, tentu saja karena kuota penerimaannya paling banyak dibandingkan jurusan lainnya.

Para mahasiswa nantinya akan mempelajari materi mengenai penyusunan laporan perpajakan, mulai dari pajak lahan dan bangunan serta mempelajari aktivitas tata usaha sekaligus administrasi pemungutan pajak dan kaitannya dengan pemasukan dan pengeluaran negara. Jurusan ini berbeda dengan jurusan spesialisasi penilai/pajak bumi bangunan.karena jurusan ini hanya mempelajari mengenai pajak penghasilan, pajak penjualanan barang mewah, dan pajak pertambahan nilai.

Diploma 1/3 Keuangan Spesialisasi Kebendaharan Negara

Jurusan ini mengarahkan peminatnya untuk menjadi bendahara negara yang kompeten. Spesialisasi mereka adalah inventarisasi aset negara, penyusunan APBN, akuntansi pemerintahan, hukum tata kelola keuangan negara, dan manajemen penyelenggaraan keuangan negara.

Diploma 1/3 Keuangan Spesialisasi Kepabeanan dan Cukai

Satu-satunya jurusan yang tidak menerima perempuan. Hal ini dikarenakan lapangan pekerjaan untuk program studi ini berada di bandara maupun pelabuhan yang tentunya akan menyulitkan perempuan terutama yang sudah berkeluarga. Namun untuk diploma 1, jurusan ini tetap menerima perempuan, jadi hanya diploma 3 saja yang hanya menerima pria untuk menjadi mahasiswa mereka.

Kuliah di jurusan ini harus menyiapkan mental dan ketahanan fisik karena jurusan Kepabeanan dan Cukai dilaksanakan secara semi militer. Karena ketegasan terhadap barang-barang yang masuk ke dalam indonesia melalui pintu-pintu yang mereka jaga membutuhkan ketegasan. Pengaturan impor-ekspor merupakan spesialisasi jurusan ini.

Persiapan Penting Sebelum Ujian Tulis USM PKN STAN 2018

Kalau kamu mulai mencari artikel persiapan penting sebelum ujian tulis USM PKN STAN atau artikel semacam ini artinya kamu sudah lulus seleksi berkas dan akan ujian tahap pertama yaitu ujian tertulis USM PKN STAN. Congratulation!

Nah, tepat sekali kamu berada di sini, persiapan penting yang harus kamu lakukan untuk menghadapi ujian tertulis USM PKN STAN sebenarnya nggak ribet asal kamu persiapkan secara matang dan seksama. Hal yang kamu persiapkan ini adalah persiapan penting non teknis yang akan dijelaskan di bawah ini.

Persiapan Penting Sebelum Ujian Tulis USM PKN STAN 2018

  1. Cek lokasi ujian kamu yang telah tertulis di BPU A (kartu tanda ujian), sehari sebelum ujian.
  2. Kalau kamu tidak melakukan pengecekkan maka sebaiknya sampai di lokasi ujian satu jam sebelum ujian berlangsung. Kalau terjadi keterlambatan datang setelah ujian dimulai maka pengawas tidak akan mengizinkan peserta untuk mengikuti ujian. Sayang banget kan, makanya masalah kedatangan harus bener-bener kamu persiapkan dengan matang.
  3. Wajib membawa BPU A Asli yang memiliki foto asli.
  4. Bawalah alat tulis sendiri dan perlengkapannya seperti penghapus, dan serutan.
  5. Dianjurkan untuk membawa papan alas ujian. Hal ini sebagai pencegahan agar lembar jawaban kamu tidak rusak karena tertimpa tangan ataupun bolong. Yah kamu pasti sudah tahu lah manfaat dari papan ujian.
  6. Tinggalkan kaos yang sering kamu gunakan karena ujian mewajibkan kamu berpakaian rapi dan formal bukan kaos yang lebih dianggap sebagai pakaian santai. Sandal dan sepatu serupa dilarang digunakan ketika mengikuti ujian. Sudahlah, jangan ngeyel mau pakai sandal kesukaan, demi satu hari gunakanlah sepatu tertutup. Jangan mau beresiko dikeluarkan oleh pengawas hanya karena kamu menggunakan sandal ya.
  7. Berserah diri pada Yang Maha Kuasa dan mintalah doa restu oleh orang tua karena disamping usaha yang keras kesuksesan juga bergantung pada doa.

Sedikit banget kan persiapan penting sebelum ujian tulis USM PKN STAN yang akan kamu hadapi nanti. Untuk persiapan cara menjawab ujian sebaiknya kamu persiapkan jauh-jauh hari seperti rajin belajar dan mengikuti bimbel. Pilihlah bimbel terpercaya di Indonesia yaitu Adzkia STAN yang sudah terbukti telah meluluskan ribuan siswa ke PKN STAN.

Hal Penting Dalam Tes Kesehatan Dan Kebugaran

Kamu yang sudah dinyatakan lulus tes tahap satu akan menjalani tes tahap dua yaitu tes kesehatan dan kebugaran namun sebagai peserta hendaknya kamu memperhatikan hal penting dalam tes kesehatan dan kebugaran yang akan kamu jalani nanti. Berikut hal-hal penting dalam tes kesehatan dan kebugaran tahap kedua.

Cek dulu dong

Pastikan nama dan nomor BPU kamu ada dalam daftar pengumuman kelulusan tahap pertama. Jangan main yakin aja kalau kamu lulus dan langsung dengan pedenya hadir di tes tahap dua tanpa memastikan namanya ada dalam daftar peserta tes tahap dua. Biasanya nih mereka yang memiliki kepercayaan diri kelewat tinggi yang bsia begini. Nama kamu ada dalam daftar, fix kamu resmi menjadi salah satu peserta ujian tahap kedua.

Waktu dan tempat pelaksanaan tes

Tempat dan waktu pelaksanaan biasanya kondisional tergantung asal daerah kamu ujian. Pelaksanaan tes ini tidak selesai dalam satu hari untuk daerah yang memiliki peserta ujian banyak, namun untuk daerah yang pesertanya sedikit seperti Balikpapan misalnya, maka dalam satu hari selesai. Biasanya penentuan tanggal ujian dipengaruhi oleh nomor BPU yang bisa kamu lihat di barisan nama kamu dalam BPU. jadi perhatikan dengan seksama hari apa dan di mana kamu akan menjalani tes tahap kedua.

Biasanya tes akan dilaksanakan pada pukul 6.30 hingga pukul 10 pagi, tidak ada tes yang dilakukan pada sore hari.

Materi tes yang diujikan

Tes yang akan kamu jalani terdiri dari:

  1. Cek kesehatan oleh dokter
  2. Lari keliling lapangan selama 12 menit dan shuttle run

Nggak ada contekan untuk materi soal dari kami. Saran paling berfaedah adalah rajinlah olahraga, minimal jogging 30 menit setiap hari sebulan sebelum tes dilaksanakan. Oh iya jangan lupa, kondisi badan kamu harus fit ketika tes dilaksanakan karena ketika dokter menyatakan kamu tidak fit maka kamu tidak diperbolehkan untuk melanjutkan tes, otomatis kamu dinyatakan gagal. So, jaga kesehatan ya, main MOBAnya dipending dulu sampai kelar tes.

Kompensasi

Belajar dari pengalaman tahun lalu yaitu ketika pelaksanaan tes tahap kedua bersamaan dengan SBMPTN 2017. Setiap peserta tes tahap kedua yang memiliki jadwal untuk SBMPTN 2017 diperbolehkan untuk mengganti jadwal dengan cara menyampaikan keberhalangannya tersebut dalam batas waktu yang ditentukan oleh panitia pelaksana USM PKN STAN dengan melampirkan bukti otentik berupa kartu sbmptn. Akan ada alamat yang dicantumkan sebagai penyampaian keberhalangan tersebut. Nantinya panitia akan mencarikan tanggal pelaksaan tes pengganti, sedangkan tempat pelaksanaan tes tetap sama seperti yang sudah ditentukan.

Dokumen yang harus dibawa

Ketika hendak hadir ke lokasi pelaksaan tes tahap kedua maka bawalah dokumen berupa:

  1. Bukti Peserta Ujian (BPU) Asli. Jika BPU kamu hilang maka wajib melapor pada panitia daerah untuk meminta duplikasi yang ada. Ada baiknya untuk mempermudah pelaporan, sebaiknya BPU kamu difoto terlebih dahulu sebagai tindak kewaspadaan bila BPU hilang dan untuk mempermudah pelaporan.
  2. Kartu tanda identitas asli yang sesuai dengan BPU. Kartu ini adalah kartu yang digunakan untuk mendaftar di awal.

Kostum

Kostum yang diwajibkan untuk dikenakan oleh peserta adalah pakaian olahraga (bukan jeans atau celana formal lainnya dan kemeja atau sejenisnya) dan sepatu olahraga, bukan pantofel maupun stiletto.

Biaya

Tidak ada pemungutan biaya untuk mengikuti tes ini. Mengenai akomodasi dan transportasi sepenuhnya ditanggung oleh peserta.

Makanan dan minuman

Kamu tidak akan melihat ada air mineral dan roti saat tes berlangsung sebab panitian memang tidak menyediakan hal itu untuk peserta. Jadi, bawa sendiri ya.

Itu saja hal penting dalam tes kebugaran dan kesehatan USM PKN STAN yang harus kamu perhatikan dengan seksama.

Contoh Soal TPA dan TBI USM PKN STAN 2018

Sudah semestinya bagi siapapun yang dinyatakan bisa maju ke tahap pertama USM PKN STAN yaitu ujian tertulis untuk melakukan persiapan matang jauh-jauh hari tidak secara terburu-buru misalnya dengan latihan soal dengan menggunakan contoh soal TPA dan TBI sebagai materi tes tahap pertama.

Banyak yang memilih melakukan persiapan dengan cara ikut bimbingan belajar namun buat kamu yang tidak memiliki kesempatan untuk mengikuti bimbingan belajar maka rajinlah melakukan latihan soal.

Dalam artikel ini contoh soal TPA dan TBI yang akan dibahas bukanlah dalam bentuk bsoal tahun lalu yang telah diujikan melainkan contoh soal TPA dan TBI yang dibagi ke dalam beberapa bentuk sehingga kamu bisa lebih mudah memahami soal. Berikut ini contoh soal TPA dan TBI.

Tes Potensi Akademik

Materi yang dibahas dalam tes potensi akademik terdiri dari beberapa sub soal, mulai dari persamaan kata, hitungan matematika hingga bangun ruang, berikut contoh soal yang ada di dalam semua soal TPA.

Sinonim atau persamaan kata (5 – 6 soal)

Antonim atau lawan kata (5 – 6 soal)

Analogi atau hubungan makna kata (5 – 6 soal)

Padanan hubungan kata (5 – 6 soal)

Pemahaman bacaan panjang (10 – 15 soal)

Hitungan matematika (40 – 45 soal)

Deret angka atau huruf (10 soal)

Silogisme (10 – 15 soal)

Penalaran analitis (10 – 15 soal)

Bangun ruang (5 – 6 soal)

Tes Bahasa Inggris

Structure dan written expression (20 soal)

Close question atau melengkapi bacaan (10 soal)

Error recognition atau mencari kata yang salah dalam kalimat (10 soal)

Reading comprehension atau soal bacaan (20 soal)

Dengan mengetahui jumlah soal yang nantinya akan diujikan maka hal ini menguntungkan kamu dalam memperhitungkan optimasi pengerjaan soal sehingga tidak ada lagi soal yang tidak sempat dikerjakan dan lolos dari nilai mati.

Yuk bergabung dengan bimbel Adzkia STAN yang sudah dikenal sebagai bimbel terpercaya di Indonesia untuk mengoptimalkan persiapan kamu dalam menghadapai USM PKN STAN.